Keutamaan Puasa Kamis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Keutamaan Puasa Kamis dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh – Selain kewajiban menjalankan puasa wajib di Bulan Ramadan, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunah, terutama puasa Senin dan Kamis. Menjalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis ini sudah dicontohkan Rasulullah SAW. Sebab, banyak sekali keutamaan menjalankan ibadah puasa sunah di kedua hari itu.

Selain akan diampuni dosa-dosanya, setiap hari Senin dan Kamis, seluruh amal atau perbuatan manusia selama satu pekan akan dinilai Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW. “Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.” (HR. Muslim)

Rasulullah SAW menyampaikan keutamaan puasa pada kedua kedua hari tersebut dengan sabdanya: “Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.

Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim). Selain keutamaan tersebut di atas, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis, di antaranya:

1. Melatih kesabaran Manfaat berpuasa dapat membantu seseorang melatih kesabaran dan meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketakwaannya kepada Allah SWT.

2. Melatih Disiplin Orang yang biasa berpuasa akan selalu berdisiplin dalam segala hal, karena merasa segala tindak tanduknya diawasi Allah SWT. segala hal-hal yang nantinya dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasanya.

3. Menjauhkan dari godaan syaitan Menjalankan ibadah puasa akan meminimalkan pengaruh-pengaruh atau godaan syaitan pada manusia untuk melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.

4. Meningkatkan amal ibadah Dengan berpuasa, kita akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Melembutkan hati dan Menambah Syukur Dengan berpuasa, rasa simpatik kita terhadap orang lain akan semakin meningkat, terutama bagi mereka yang memiliki keberuntungan yang masih jauh dibawah kita. Dan dengan begitu akan menjadikan kita lebih tahu

6. Menjaga kesehatan tubuh Ahli kesehatan sudah membuktikan bahwa puasa sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain menghilangkan racun dari dalam tubuh, puasa juga bisa memperbaiki sistem pencernaan.